Mari bergabung bersama kami

Credit Union adalah sebuah gerakan pemberdayaan keuangan masyarakat yang kepemilikannya berada dalam tangan anggota. Berbeda dengan lembaga keuangan pada umumnya, saham Credit Union dimiliki seluruhnya oleh anggota. Oleh karena itu, seluruh keuntungan dari Credit Union dari usaha simpan pinjam dikembalikan kepada anggota dalam bentuk balas jasa simpanan, pembagian sisa hasil usaha, rendahnya suku bunga pinjaman dan tidak adanya biaya administrasi.

Credit Union pertama didirikan oleh Friedrich Raiffeisen, seorang walikota di Jerman. Beliau tersentuh melihat penderitaan para petani miskin di daerah Flammersfeld yang menjadi korban tengkulak. Ia kemudian mencoba membuat sebuah lembaga untuk membantu mereka yang kemudian menjadi cikal bakal Credit Union.

Sekarang Credit Union telah meluas sampai ke seluruh dunia. Sampai tahun 2016, sudah 235.762.076 orang yang menjadi anggota Credit Union di seluruh dunia, tergabung dalam 68.882 Credit Union.

Beberapa negara memiliki anggota Credit Union cukup banyak, di antaranya: Amerika Serikat (101 juta), India (20 juta), Kanada (10 juta), Brasil (6 juta), Korea Selatan (5,7 juta), Filipina (5,4 juta), Kenya (5,1 juta), Meksiko (5,1 juta), Ekuador (4,8 juta), Australia (4,5 juta), Thailand (4,1 juta), Kolombia (3,6 juta), dan Irlandia (3,3 juta).

Beberapa negara bahkan memiliki persentase anggota (dari penduduk usia produktif) yang fantastis: Barbados (82%), Irlandia (75%), Grenada (72%), Trinidad & Tobago (68%), Belize (67%), St. Lucia (67%), St. Kitts & Nevis (58%), Jamaika (53%), Antigua & Barbuda (49%), Amerika Serikat (48%), Ekuador (47%), dan Kanada (43%).

Di Indonesia sendiri gerakan Credit Union berawal dari Seminar Social Economic Life in Asia (SELA) yang diadakan pada dekade 1960-an. Romo Karl Albrecht SJ (yang kemudian dikenal dengan nama Romo Karim Arbie SJ), memprakarsai lingkaran studi mengenai Credit Union dengan menghimpun beberapa orang relawan antara lain Bapak Robby W Tulus, Michael Wuryadi (Alm.), Ibu DaisyTanireja, dll.

Credit Union di Indonesia saat ini tergabung dalam Induk Koperasi Kredit, yang sampai tahun 2016 terdiri dari 914 CU dengan 2.731.242 anggota dengan total aset Rp25.791.879.356.144.

CU CindelarasTumangkar sendiri tergabung dalam jaringan Pusat Koperasi Kredit (Puskopdit) Puskopcuina yang berpusat di Pontianak, dengan 44 CU Primer yang tergabung di dalamnya, beranggotakan 467.910 orang (Desember 2017) dengan total aset Rp6.089.600.487.072 (2016).

    Beberapa negara bahkan memiliki persentase anggota (dari penduduk usia produktif) yang fantastis:
  • Barbados 82%
  • Irlandia75%
  • Grenada72%
  • Belize67%
  • St. Lucia67%
  • St. Kitts & Nevis58%
  • Jamaika53%
  • Antigua & Barbuda49%
  • Amerika Serikat48%
  • Ekuador47%
  • Kanada43%

Jumlah anggota di Indonesia 2.731.242 dari 163.367.691 penduduk usia produktif atau 1,67%.

Jumlah anggota CU yang tergabung dalam Puskopcuina 467.910 orang dan merupakan 17,13% dari anggota CU di Indonesia

44 CU primer yang tergabung dalam Puskopcuina atau 4,8% dari CU primer di Indonesia


Budi Santosa

Bpk. Budi Santosa sekarang menjabat sebagai Ketua Pengawas CU Cindelaras Tumangkar.


Christiana Galuh Asti Wulandari

Ibu Christiana Galuh sekarang menjabat sebagai Sekretaris Pengawas CU Cindelaras Tumangkar. Beliau dilahirkan di Semarang dan sekarang bertempat tinggal di Minggiran, Yogyakarta. Beliau menjadi anggota CU sejak tahun [20..] dan terlibat dalam kepengurusan CUCT sejak tahun [20..] Beliau juga dikenal aktif dalam kesenian teater, terutama di Teater Garasi. Sekarang beliau bekerja sebagai manajer di Sarasa Tegel dan Whani D’Project.


Nanang Sumaryadi

Bpk Nanang Sumaryadi sekarang menjabat sebagai Anggota Pengawas CU Cindelaras Tumangkar .


R. Ignasius Aris Kusdarunanto

Bpk. Aris Kusdarunanto sekarang menjabat sebagai Ketua Pengurus CU Cindelaras Tumangkar. Beliau dilahirkan di Yogyakarta dan sekarang bertempat tinggal di Mantrijeron, Yogyakarta. Beliau menjadi anggota CU sejak tahun [20..] dan terlibat dalam kepengurusan CUCT sejak tahun [20..] Sehari-hari beliau adalah seorang wirausahawan dalam bidang penyedia jasa tenaga kerja (outsourcing).


Burhan Marwanto

Bapak Burhan Marwanto sekarang menjabat sebagai Wakil Ketua Pengurus CU Cindelaras Tumangkar Bidang Pendidikan.

C. Karyana

Bapak C Karyana sekarang menjabat sebagai Wakil Keuta Pengurus CU Cindelaras Tumangkar Bidang Usaha dan Perkreditan.

A. Prasetyadi

Bapak A. Prasetyadi sekarang menjabat sebagai Sekretaris Pengurus CU Cindelaras Tumangkar.

Y. Dwi Rahayu

Ibu Y. Dwi Rahayu sekarang menjabat sebagai Bendahara Pengurus CU Cindelaras Tumangkar.

Ch. Andariyati

Ibu Ch. Andariyati sekarang menjabat sebagai Anggota Pengurus CU Cindelaras Tumangkar.

Stefany Lutfi Della

Ibu Stefany Lutfi Della sekarang menjabat sebagai Sekretaris Pengurus CU Cindelaras Tumangkar.