Pengantar Tumangkar #4
12 Desember 2019
Pengantar Tumangkar #5
12 Desember 2019

Pengantar Tumangkar #6

Pengantar Tumangkar

Alih Cara Berpikir dari Penumpang menjadi Sopir

 

(Galuh Asti W – Manajer CUCT)

Juni 2019

Keriuhan dan keruwetan mudik Lebaran bagi pengguna jalan raya baru saja kita lalui, ada beragam pengalaman saat kita berada dalam arus mudik ataupun arus balik yang macet. Perlu kesabaran ? sudah jelas. Perlu cek kesiapan fisik- baik badan maupun kendaraan kita ? sudah pasti.

Di samping itu, kecanggihan teknologi sebagai alat bantu untuk memandu mencari jalur alternative pun terbukti sangat berguna. Jalanan sempit, gang dalam kampung terkena imbas melubernya kendaraan dari jalur utama.  Ketrampilan mengenali arah, membaca peta, dan memprediksi waktu tempuh menjadi skill tambahan bagi seorang sopir yang ingin efisien gunakan waktu mudiknya.

Figur sopir yang terampil ini menjadi pantulan bagi kita yang sedang bersama-sama menaiki kendaraan menuju kesejahteraan. Akankah kita melulu hanya bersantai-santai sebagai penumpang ataukah kita akan memiliki mental dan cara berpikir juga sebagai sopir ?

Nampaknya pilihan kedua yang lebih patut kita pilih.  Mengapa ? karena CUCT adalah milik kita bersama, sudah sepantasnya jika kita inginkan yang terbaik untuk kendaraan kita. Kita turut berpikir layaknya sopir yang berusaha agar bisa sampai ke tujuan dengan lebih efektif dan efisien, menjaga agar kendaraan tidak kelebihan muatan, memelihara agar mesin tetap tokcer dan bahan bakar selalu cukup.

Mental sebagai sopir inilah yang akan membantu diri kita sendiri sebagai bagian dari CUCT untuk dapat sampai ke tujuan kesejahteraan dengan efektif dan efisien.

Sudah sepantasnya kita berperan sebagai peminjam yang aktif dan baik. Saat ini masih berlangsung promo menarik ; Kredit Khusus dengan BJP 1,25%. Mari kita mengaksesnya, sehingga BJP (Balas Jasa Pinjaman) yang kita bayarkan dapat diputar kembali sebagai BJS (Balas Jasa Simpanan) yang kita terima, dapat digunakan untuk membayar premi perlindungan yang nantinya kita terima dan juga untuk biaya operasional lembaga.

Sudah saatnya kita terlibat aktif dalam pengorgansasian CUCT ini melalui kegiatan sebagai tamtama, komite, dan pengurus. Sebentar lagi akan terbuka peluang untuk menjadi pengurus CUCT, silakan Anda mencalonkan diri.  Agar dengan demikian di akhir tahun  2019 ini, Anda dapat turut ambil bagian dalam SPBP (Strategic Planning & Business Plan ) untuk penentuan arah dan kegiatan CUCT di periode 3 tahun mendatang.

 

Salam Tumangkar