Bantuan dan Perlindungan

TUNAS

Merupakan Santunan Solidaritas yang diberikan kepada Ahli Waris apabila Anggota Meninggal Dunia yang dihitung berdasarkan Simpanan Saham dan Setara Saham almarhum yang diikutsertakan dalam Program Jalinan.

  1. TUNAS merupakan Santunan Solidaritas yang diberikan kepada Ahli Waris apabila Anggota Meninggal Dunia yang dihitung berdasarkan Simpanan Saham dan Setara Saham almarhum yang diikutsertakan dalam Program Jalinan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan BKCU Kalimantan.
  2. TUNAS merupakan wujud solidaritas para Anggota dalam meringankan beban duka cita Ahli Waris Anggota yang Meninggal Dunia.
  3. Simpanan yang mendapat TUNAS adalah Simpanan Saham dan Siwaris yang dimasukkan pada usia 0 s.d. 70 tahun.
  4. Simpanan yang dimasukkan pada usia di atas 70 (tujuh puluh) tahun tidak mendapat TUNAS.
  5. Besarnya TUNAS berkaitan dengan usia saat diterima menjadi Anggota, usia ketika meninggal dunia, dan besarnya Simpanan Saham dan Siwaris:
    1. Anggota usia 0 - 1 tahun, besar TUNAS adalah 100% dari saldo Simpanan Saham dan Siwaris, maksimal Rp5.000.000 (lima juta rupiah).
    2. Anggota usia >1 - 70 (di atas satu sampai dengan tujuh puluh) tahun, besar TUNAS adalah 100% dari saldo Simpanan Saham dan Siwaris, maksimal Rp50.000.000 (lima puluh juta rupiah).
    3. Anggota yang masuk pada usia 60 – 70 (enam puluh sampai tujuh puluh) tahun, besar TUNAS adalah 100% dari saldo Simpanan Saham dan Siwaris, maksimal Rp10.000.000 (sepuluh juta rupiah).
    4. Jika terjadi penarikan simpanan pada usia >70 (di atas tujuh puluh) tahun, klaim yang dibayar sebesar saldo Simpanan Saham dan Siwaris terendah sesuai dengan ketentuan butir a, b, dan c di atas.
LINTANG

Merupakan perlindungan terhadap kredit Anggota yang digunakan untuk melunasi saldo kredit Anggota karena Cacat Total Tetap atau Meninggal.

  1. Merupakan perlindungan terhadap kredit Anggota yang digunakan untuk melunasi saldo kredit Anggota karena Cacat Total Tetap atau Meninggal. Oleh sebab itu LINTANG tidak diserahkan kepada Ahli Waris.
  2. Besarnya saldo kredit yang dapat dilunasi atau mendapat pertanggungan LINTANG sebagai berikut:
    1. Piutang Produktif Anggota Usia Dewasa s.d. 55 (sampai dengan lima puluh lima) tahun pada saat meminjam dengan jangka waktu maksimal 36 (tiga puluh enam) bulan, plafon kredit yang dilindungi maksimal Rp300.000.000 (tiga ratus juta rupiah).
    2. Piutang Anggota Usia Dewasa >55 - 60 (di atas lima puluh lima sampai dengan enam puluh) tahun pada saat meminjam, plafon kredit yang dilindungi maksimal Rp150.000.000 (seratus lima puluh juta rupiah).
    3. Piutang Anggota Usia >60 - 70 (di atas enam puluh sampai dengan tujuh puluh) tahun pada saat meminjam, plafon kredit yang dilindungi maksimal Rp50.000.000
    4. Kredit yang diberikan pada usia 0 - 17 (nol sampai tujuh belas) tahun (kecuali sudah menikah) dan >70 (di atas tujuh puluh) tahun tidak mendapat perlindungan LINTANG.
    5. Selisih saldo kredit di atas plafon maksimal yang ditetapkan, harus dilunasi oleh Ahli Waris pada saat penyerahan Jalinan.
Pengajuan Klaim TUNAS / LINTANG

  1. Bagi Anggota Meninggal Dunia Ahli Waris dapat mengajukan Klaim TUNAS paling lambat 2 (dua) bulan setelah Anggota Meninggal Dunia, dengan menyerahkan persyaratan sebagai berikut:
    1. Surat Keterangan Kematian asli atau fotokopi yang sudah dilegalisasi Pejabat Pemerintah/Rumah Sakit/Puskesmas atau Instansi lain yang terkait.
    2. Surat Keterangan tersebut harus menyebutkan penyebab yang bersangkutan meninggal dunia (sakit stroke, jantung, kecelakaan sepeda motor/mobil, dll).
    3. Buku Anggota, Siwaris, dan Kredit (asli) milik yang yang bersangkutan.
    4. KTP atau Kartu Pengenal lainnya, asli atau fotokopi yang telah dilegalisasi, dan masih berlaku, milik yang bersangkutan.
    5. Fotokopi KTP atau Kartu Pengenal lainnya yang masih berlaku milik Ahli Waris yang sah.
    6. Surat Permohonan & Surat Perjanjian Kredit asli (bagi Anggota yang memiliki kredit).
    7. Surat keterangan pemeriksaan berkas dari Pengawas.
  1. Bagi Anggota yang Cacat Total Tetap Anggota yang Cacat Total Tetap (oleh karena sesuatu hal menyebabkan: buta kedua mata, lumpuh kedua kaki, gila) dapat mengajukan Klaim LINTANG dengan menyerahkan persyaratan sebagai berikut:
    1. KTP atau Kartu Pengenal lainnya asli atau fotokopi yang telah dilegalisasi dan masih berlaku milik yang bersangkutan.
    2. Buku Anggota, Siwaris, dan Kredit (asli) milik yang yang bersangkutan.
    3. Surat Permohonan & Surat Perjanjian Kredit asli (bagi Anggota yang memiliki kredit).
    4. Surat Keterangan dari dokter yang merawatnya.
    5. Surat Keterangan dari Pemerintah Desa apabila tidak dirawat oleh tenaga medis.
    6. Surat Keterangan dari Manajer Credit Union Cindelaras Tumangkar bahwa sudah dilakukan pengecekan lapangan atas Anggota yang Cacat Total Tetap tersebut dan diketahui oleh Pengurus dan Pengawas, dan menyertakan gambar/foto bersama antara Anggota yang bersangkutan dengan petugas yang melakukan pengecekan.
  1. Prosedur Klaim
    1. Permohonan klaim ke Jalinan (dengan mengisi Formulir Permohonan) akan dilakukan oleh Manajemen Credit Union Cindelaras Tumangkar, setelah mendapatkan lampiran sesuai dengan ketentuan-ketentuan klaim di atas dari Ahli Waris (bagi Anggota Meninggal Dunia) dan dari Anggota yang Cacat Total Tetap (Jangka waktu klaim maksimal 90 hari).
    2. Penyerahan TUNAS dan pengembalian Simpanan Saham dan Siwaris kepada Ahli Waris akan dilakukan segera setelah proses klaim disetujui oleh Jalinan / BKCU Kalimantan.
    3. Pembayaran Klaim Jalinan dari BKCU Kalimantan melalui rekening SIKODIT.
    4. Credit Union Cindelaras Tumangkar membuat Berita Acara penyerahan Klaim kepada Ahli Waris dan mengirimnya ke BKCUK bersama LKSB bulan berikutnya.
  1. Klaim TUNAS Ditolak, apabila
    1. Anggota masuk Credit Union Cindelaras Tumangkar dalam kondisi sakit dan meninggal dunia dalam jangka waktu sampai dengan 3 bulan setelah menjadi Anggota.
    2. Simpanan Anggota disetor pada usia di atas 70 tahun.
    3. Simpanan Kapitalisasi yang piutangnya tidak pernah diangsur sejak pencairan.
    4. Simpanan lembaga yang diatasnamakan perorangan.
  1. Klaim LINTANG Ditolak, apabila
    1. Kredit menunggak >5 (lebih dari lima) bulan berturut-turut.
    2. Piutang yang diberikan kepada Anggota Luar Biasa Anak (usia kurang dari 17 tahun dan belum menikah).
    3. Piutang yang diberikan kepada Anggota yang sedang sakit.
    4. Piutang yang tujuannya untuk biaya berobat diri sendiri.
    5. Saldo Piutang Anggota yang berusia >70 (di atas tujuh puluh) tahun.
    6. Piutang Kapitalisasi yang tidak pernah diangsur >1 (lebih dari satu) bulan setelah pencairan.
    7. Piutang lembaga yang diatasnamakan kepada seorang Anggota.
Solduka

Merupakan bentuk solidaritas dan turut berbelasungkawa terhadap Anggota yang meninggal, berupa santunan secara tunai. Membayar Solduka sejak awal berarti bentuk melindungi diri sendiri secara dini.

  1. Semua Anggota Credit Union Cindelaras Tumangkar wajib menjadi peserta Solduka, dengan membayar iuran sebesar Rp20.000 (dua puluh ribu rupiah) per tahun.
  2. Anggota yang sudah berhenti dan/atau sudah diberhentikan tidak berhak mendapat santunan Solduka.
  3. Cara penyetoran iuran sebagai berikut:
    1. Anggota wajib membayar iuran solduka pada bulan pertama setiap tahun buku.
    2. Bagi Anggota baru, penyetoran Iuran Solduka tahun bersangkutan dilakukan pada waktu diterima sebagai Anggota.
    3. Anggota yang belum membayar iuran pada tahun bersangkutan, akan dipotongkan dari Simpanannya.
  1. Peserta Solduka yang meninggal dunia, akan diberikan santunan tunai sebesar Rp2.000.000 (dua juta rupiah) yang diserahkan kepada Ahli Waris. Santunan ini hanya diberikan kepada peserta Solduka yang sudah membayar lunas Iuran Solduka.
  2. Santunan segera diberikan kepada Ahli Waris yang sah saat berita dukacita diketahui oleh Manajemen Credit Union Cindelaras Tumangkar, dengan menunjukkan Surat Kematian.
  3. Jika keikutsertaan Anggota baru belum melebihi 3 (tiga) bulan, maka Solduka diberikan sebesar 25% dari ketentuan butir ke-5 pasal ini.
  4. Dalam keadaan/kejadian luar biasa (bencana alam, wabah), besaran Santunan Solduka ditentukan melalui Kebijakan Pengurus.
SARI (Santunan Rawat Inap)

SARI merupakan produk bantuan yang diberikan kepada anggota CU CINDELARAS TUMANGKAR yang mengalami Rawat Inap (Opname) di Rumah Sakit atau Puskesmas dan telah memenuhi kreteria khusus, sbb:

  1. SARI diberikan kepada Anggota kecuali anggota yang pernah menunggak/kena denda dalam Tahun Buku berjalan.
  2. Rawat inap bukan disebabkan karena melahirkan.
  3. Memiliki Siwaris minimal Rp3.000.000.
  4. Untuk maksimal 7 hari untuk setiap Anggota dalam 1 (satu) tahun buku.
  5. Permohonan bantuan dilakukan paling lambat satu bulan setelah keluar dari opname dengan menunjukkan bukti opname asli atau fotokopian yang telah dilegalisasi dari Rumah Sakit atau Puskesmas terkait.
  6. Besar bantuan didasarkan besar Siwaris sebagai berikut:

    No Besar Siwaris Besar Bantuan per Hari
    1 Rp3.000.000 – Rp5.000.000 Rp25.000
    2 Rp5.000.000 – Rp10.000.000 Rp30.000
    3 Rp10.000.000 – Rp20.000.000 Rp60.000
    4 Rp20.000.000 – Rp30.000.000 Rp100.000
    5 Di atas Rp30.000.000 Rp150.000