Simpanan

Saham

Simpanan Kepemilikan/Andil Anggota yang terdiri dari Simpanan Pokok dan Simpanan Wajib dengan nilai 1 (satu) saham Rp 1.000,- (seribu rupiah) yang menjadi tanda penyertaan modal di CUCT.

  1. Simpanan Saham adalah Simpanan Kepemilikan/Andil Anggota yang terdiri dari Simpanan Pokok dan Simpanan Wajib dengan nilai 1 (satu) saham Rp1.000 (seribu rupiah).
  2. Simpanan Pokok sebesar Rp500.000 dapat disetor tunai atau melalui Kapitalisasi maksimal selama 3 (tiga) tahun.
  3. Simpanan Wajib Rp10.000 (sepuluh ribu) per bulan, dibayarkan secara teratur setiap bulan atau dibayar sekaligus setahun di awal tahun.
  4. Selama menjadi Anggota Credit Union Cindelaras Tumangkar, Simpanan Saham ini tidak dapat ditarik/diambil.
  5. Anggota aktif diberikan dividen sebesar 8% per tahun, Anggota tidak aktif (tidak menyetor Simpanan Wajib selama 3 x berturut-turut) diberikan dividen 2% per tahun.
  6. Balas Jasa Simpanan Saham diberikan di awal tahun buku berikutnya dengan cara ditambahbukukan/ditransfer ke Siwaris, kecuali Anggota menghendaki lain.
  7. Simpanan Saham dilindungi Jalinan BKCU Kalimantan.
Sikendi

Sikendi adalah simpanan harian bagi Anggota yang ditujukan untuk menyimpan dana persiapan kebutuhan harian dan tidak dikenakan biaya administrasi.

  1. Sikendi adalah simpanan harian bagi Anggota yang ditujukan untuk menyimpan dana persiapan kebutuhan harian.
  2. Balas Jasa Simpanan (BJS) sebesar 3% p.a. dan langsung ditambahbukukan ke dalam buku simpanan yang bersangkutan setiap akhir bulan.
  3. Tidak dikenakan biaya administrasi bulanan.
  4. Setoran dan/atau penarikan Sikendi dapat dilakukan setiap hari pada jam kerja.
  5. Maksimal saldo Sikendi sebesar Rp100.000.000 (seratus juta rupiah).
  6. Saldo minimal Sikendi sebesar Rp35.000 (tiga puluh lima ribu rupiah).
  7. Sikendi tidak dapat dijadikan jaminan kredit.
  8. Perubahan Balas Jasa Simpanan dan maksimal saldo simpanan dituangkan dalam SK Pengurus dan diumumkan secara luas kepada seluruh Anggota.
  9. Apabila buku rekening rusak atau hilang, Anggota wajib mengganti biaya administrasi sebesar Rp5.000 (lima ribu rupiah).
  10. Penutupan buku simpanan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp5.000 (lima ribu rupiah).
  11. Penarikan simpanan tidak dapat diwakilkan, kecuali dengan menyertakan Surat Kuasa bermeterai dari Anggota yang bersangkutan atau oleh Ahli Waris apabila penabung meninggal dunia dengan menunjukkan Surat Kematian dari yang berwenang
  12. Sikendi tidak dilindungi Jalinan BKCU Kalimantan.
Siwaris

Siwaris adalah simpanan bagi Anggota yang ditujukan untuk mempersiapkan kebutuhan pensiun dengan balas jasa simpanan yang tinggi.

  1. Siwaris adalah simpanan bagi Anggota yang ditujukan untuk mempersiapkan kebutuhan pensiun.
  2. Siwaris merupakan Produk Kesejahteraan Setara Saham dan balas jasanya boleh diambil dengan ketentuan:
    1. Bagi Anggota berusia 50 tahun ke atas, jangka waktu penempatan selama 5 (lima) tahun terhitung sejak dibuka, atau
    2. Usia 55 tahun bagi Anggota yang membuka rekening Siwaris berusia kurang dari 50 (lima puluh) tahun, atau
    3. Saldo Siwaris telah mencapai minimal Rp100.000.000 (seratus juta rupiah).
  1. Balas Jasa Simpanan (BJS) Siwaris sebesar 11% p.a. dan langsung ditambahbukukan ke dalam buku Siwaris yang bersangkutan setiap akhir bulan.
  2. Tidak dikenakan biaya administrasi bulanan.
  3. Setoran pertama untuk membuka Siwaris minimal sebesar Rp100.000 (seratus ribu rupiah) dan dapat dilakukan dengan cara setoran tunai maupun Kredit Kapitalisasi (pinjam-tabung).
  4. Besar setoran minimal Rp5.000 (lima ribu rupiah) dan akumulasi setoran maksimal Rp500.000 (lima ratus ribu rupiah) per bulan.
  5. Setoran Siwaris lebih dari Rp500.000 (lima ratus ribu rupiah) dapat dilakukan apabila Simpanan tersebut dipinjam kembali dengan setoran angsuran pokok maksimal Rp2.000.000 (dua juta rupiah) per bulan.
  6. Perubahan akumulasi setoran maksimal per bulan dituangkan dalam SK Pengurus dan diumumkan secara luas kepada Anggota.
  7. Perubahan Balas Jasa Simpanan dan akumulasi setoran maksimal oleh karena kondisi keuangan nyata Credit Union Cindelaras Tumangkar dituangkan dalam SK Pengurus dan diumumkan secara luas kepada seluruh Anggota.
  8. iwaris otomatis menjadi Jaminan Kredit apabila yang bersangkutan meminjam di Credit Union Cindelaras Tumangkar dan tidak dapat ditarik sebelum kredit dinyatakan lunas.
  9. Penarikan Siwaris sebelum jangka waktu minimal seperti tersebut pada 15 butir 2 di atas, dikenakan penalti sebesar 5% dari jumlah penarikan.
  10. Penarikan Siwaris yang disebabkan karena yang bersangkutan meninggal dunia tidak dikenakan penalti dan Ahli Waris wajib menunjukkan Surat Kematian dari pejabat yang berwenang.
  11. Siwaris Anggota yang meninggal dunia dapat langsung dipindahbukukan ke tabungan Siwaris Ahli Waris.
  12. Saldo Siwaris maksimal sebesar Rp150.000.000 (seratus lima puluh juta rupiah); dan apabila saldonya telah memenuhi nilai maksimal tersebut, Balas Jasa Simpanan Siwaris langsung dipindahbukukan ke Sikendi atau diambil tunai.
  13. Apabila buku rekening Siwaris rusak atau hilang, Anggota wajib mengganti biaya pengganti buku sebesar Rp5.000 (lima ribu rupiah).
  14. Siwaris dilindungi Jalinan BKCU Kalimantan.
Simpanan Pendidikan

Simpanan yang bersifat suka rela, ditujukan bagi Anggota yang merencanakan program pembiayaan pendidikan, bagi dirinya atau Anggota keluarganya.

  1. Simpanan Pendidikan adalah simpanan suka rela, ditujukan bagi Anggota yang merencanakan program pembiayaan pendidikan, bagi dirinya atau Anggota keluarganya.
  2. Balas Jasa Simpanan (BJS) sebesar 10% p.a. dan langsung ditambahbukukan ke dalam buku simpanan yang bersangkutan setiap akhir bulan.
  3. Tidak dikenakan biaya administrasi bulanan.
  4. Setoran pertama untuk membuka rekening Simpanan Pendidikan minimal sebesar Rp100.000 (seratus ribu rupiah) dan dapat dilakukan dengan cara setoran tunai maupun Kredit Kapitalisasi.
  5. Setoran simpanan minimal Rp10.000 (sepuluh ribu rupiah), dan akumulasi setoran maksimal Rp1.000.000 (satu juta rupiah) per bulan, baik tunai atau angsuran pokok Kapitalisasi (pinjam-tabung).
  6. Setoran lebih dari Rp1.000.000 (satu juta rupiah) dapat dilakukan apabila Simpanan tersebut dipinjam kembali dengan setoran angsuran pokok maksimal Rp2.000.000 (dua juta rupiah) per bulan.
  7. Biaya pembukaan rekening simpanan sebesar Rp5.000 (lima ribu rupiah).
  8. Jangka waktu penempatan minimal 3 (tiga) tahun.
  9. Simpanan Pendidikan yang telah mencapai jatuh tempo (3 tahun) secara otomatis akan dipindahkan ke Sikendi, kecuali diperpanjang dengan cara membuat pernyataan tertulis.
  10. Penarikan Simpanan sebelum jangka waktu minimal seperti tersebut di atas, dikenakan penalti sebesar 5% dari penarikan, kecuali jika penarikan disebabkan karena yang bersangkutan meninggal dunia dengan Ahli Waris menunjukkan Surat Kematian dari yang berwenang.
  11. Simpanan Pendidikan dapat dijadikan jaminan kredit, dan tidak dapat ditarik sebelum kredit dinyatakan lunas.
  12. Saldo maksimal Simpanan Pendidikan Rp100.000.000 (seratus juta rupiah); dan apabila saldonya telah memenuhi nilai maksimal tersebut, BJS Simpanan Pendidikan langsung dipindahbukukan ke Simpanan Sikendi atau diambil tunai.
  13. Perubahan Balas Jasa Simpanan dan akumulasi setoran maksimal dituangkan dalam SK Pengurus dan diumumkan secara luas kepada seluruh Anggota.
  14. Apabila buku rekening hilang atau rusak dikenakan biaya pengganti buku sebesar Rp5.000 (lima ribu rupiah).
  15. Simpanan Pendidikan tidak dilindungi Jalinan BKCU Kalimantan.
Ibadah

Simpanan yang bersifat suka rela, ditujukan bagi Anggota CUCT dalam rangka menunaikan Ibadah Haji, Umroh maupun Ziarah Religi.

  1. Simpanan Ibadah adalah Simpanan suka rela, ditujukan bagi Anggota Credit Union Cindelaras Tumangkar dalam rangka menunaikan ibadah keagamaan maupun ziarah religi.
  2. Balas Jasa Simpanan (BJS) sebesar 6% p.a. dan langsung ditambahbukukan ke dalam buku simpanan yang bersangkutan setiap akhir bulan.
  3. Tidak dikenakan biaya administrasi bulanan.
  4. Setoran pertama untuk membuka rekening Simpanan Ibadah minimal sebesar Rp100.000 (seratus ribu rupiah) dengan cara tunai.
  5. Setoran simpanan minimal Rp10.000 (sepuluh ribu rupiah), dan akumulasi setoran maksimal Rp1.000.000 (satu juta rupiah) per bulan.
  6. Setoran Simpanan Ibadah lebih dari Rp1.000.000 (satu juta rupiah) dapat dilakukan apabila Simpanan tersebut dipinjam kembali dengan setoran angsuran pokok maksimal Rp2.000.000 (dua juta rupiah) per bulan.
  7. Saldo maksimal Simpanan Ibadah adalah Rp50.000.000 (lima puluh juta rupiah); dan apabila saldonya telah memenuhi nilai maksimal tersebut, BJS Simpanan Ibadah akan dipindahbukukan ke Simpanan Sikendi atau diambil tunai.
  8. Biaya pembukaan rekening simpanan sebesar Rp5.000 (lima ribu rupiah).
  9. Minimal mengendap selama 1 (satu) tahun sejak rekening dibuka.
  10. Simpanan ibadah tidak dapat ditarik sebagian. Pencairan hanya dapat dilakukan dengan penutupan rekening.
  11. Penarikan Simpanan Ibadah sebelum jangka waktu minimal seperti tersebut di atas, dikenakan penalti sebesar 5% dari penarikan, kecuali jika penarikan disebabkan karena yang bersangkutan meninggal dunia dengan Ahli Waris menunjukkan Surat Kematian dari yang berwenang.
  12. Perubahan Balas Jasa Simpanan dan akumulasi setoran maksimal oleh karena kondisi keuangan nyata Credit Union Cindelaras Tumangkar akan dituangkan dalam SK Pengurus dan diumumkan secara luas kepada seluruh Anggota.
  13. Simpanan Ibadah dapat dijadikan Jaminan Kredit apabila yang bersangkutan meminjam di Credit Union Cindelaras Tumangkar, dan tidak dapat ditarik sebelum kredit dinyatakan lunas.
  14. Apabila buku rekening rusak atau hilang, Anggota wajib mengganti biaya pengganti buku sebesar Rp5.000 (lima ribu rupiah).
  15. Simpanan Ibadah tidak dilindungi Jalinan BKCU Kalimantan.
Simpanan Properti

Simpanan Properti adalah simpanan suka rela, ditujukan bagi Anggota Credit Union Cindelaras Tumangkar dalam rangka perencanaan kepemilikan papan/properti dalam bentuk rumah, tanah, ruko, renovasi bangunan.

  1. Simpanan Properti adalah simpanan suka rela, ditujukan bagi Anggota Credit Union Cindelaras Tumangkar dalam rangka perencanaan kepemilikan papan/properti dalam bentuk rumah, tanah, ruko, renovasi bangunan.
  2. Balas Jasa Simpanan sebesar 8% p.a. dan langsung ditambahbukukan ke dalam buku simpanan yang bersangkutan setiap akhir bulan.
  3. Tidak dikenakan biaya administrasi bulanan.
  4. Biaya pembukaan rekening simpanan sebesar Rp5.000 (lima ribu rupiah)
  5. Setoran pertama untuk membuka rekening Simpanan Properti minimal sebesar Rp500.000 (lima ratus ribu rupiah).
  6. Setoran simpanan minimal Rp50.000 (lima puluh ribu rupiah), dan akumulasi setoran maksimal Rp2.000.000 (dua juta rupiah) per bulan.
  7. Setoran lebih dari Rp2.000.000 (dua juta rupiah) dapat dilakukan apabila Simpanan tersebut dipinjam kembali dengan setoran angsuran pokok maksimal Rp4.000.000 (empat juta rupiah) per bulan.
  8. Saldo maksimal sebesar Rp200.000.000 (dua ratus juta rupiah); dan apabila saldonya telah memenuhi nilai maksimal tersebut, BJS Simpanan Properti langsung dipindahbukukan ke Simpanan Sikendi atau diambil tunai.
  9. Minimal mengendap selama 3 (tiga) tahun sejak rekening dibuka.
  10. Simpanan Properti yang telah mencapai jatuh tempo (3 tahun sejak rekening dibuka) secara otomatis akan dipindahkan ke Sikendi, kecuali diperpanjang dengan cara membuat pernyataan tertulis atau sedang digunakan sebagai jaminan kredit.
  11. Penarikan Simpanan Properti sebelum jangka waktu minimal seperti tersebut di atas dikenakan penalti sebesar 5% dari penarikan, kecuali jika penarikan disebabkan yang bersangkutan meninggal dunia.
  12. Perubahan Balas Jasa Simpanan dan akumulasi setoran maksimal oleh karena kondisi keuangan nyata Credit Union Cindelaras Tumangkar akan dituangkan dalam SK Pengurus dan diumumkan secara luas kepada seluruh Anggota.
  13. Simpanan Properti menjadi syarat utama untuk pengajuan Kredit Properti dan tidak boleh ditarik sebelum kredit dinyatakan lunas.
  14. Saldo simpanan yang dipergunakan untuk Kredit Properti minimal sebesar 5% dari kredit cair.
  15. Pemenuhan besaran saldo Simpanan Properti guna kepentingan persyaratan pencairan Kredit Properti dapat dilakukan dengan:
    1. Dipotongkan dari kredit cair sejauh analisis kredit memenuhi kriteria persyaratan kredit cair (analisis 5 C).
    2. Memindahbukukan dari Siwaris, Simpanan Pendidikan, Simpanan Ibadah tanpa dikenakan penalti.
  1. Apabila buku rekening rusak atau hilang, Anggota wajib mengganti biaya pengganti buku sebesar Rp5.000 (lima ribu rupiah).
  2. Simpanan Properti tidak dilindungi Jalinan BKCU Kalimantan.
Sigap

Simpanan yang diwajibkan bagi setiap keluarga Anggota CUCT dengan tujuan menciptakan cadangan keuangan untuk persiapan menghadapi kondisi krisis/darurat (sakit, kecelakaan, PHK, bencana, gagal panen, kematian, cacat tetap, korban kejahatan). Diharapkan Saldo simpanan minimal 3 x Kebutuhan Hidup Layak bagi bujangan; dan 6 x Kebutuhan Hidup Layak bagi keluarga.

  1. Simpanan Sigap diwajibkan bagi setiap keluarga Anggota Credit Union Cindelaras Tumangkar dengan tujuan menciptakan cadangan keuangan untuk persiapan menghadapi kondisi krisis/darurat (sakit, kecelakaan, PHK, bencana, gagal panen, kematian, cacat tetap, korban kejahatan). Diharapkan Saldo simpanan minimal 3 x Kebutuhan Hidup Layak bagi bujangan; dan 6 x Kebutuhan Hidup Layak bagi keluarga.
  2. Setiap keluarga Anggota Credit Union Cindelaras Tumangkar wajib memiliki minimal 1 (satu) Simpanan Sigap.
  3. Setoran pertama untuk membuka rekening simpanan minimal sebesar Rp50.000 (lima puluh ribu rupiah), dapat disetorkan tunai, pemindahbukuan dari rekening lain dan/atau dipotongkan dari kredit cair.
  4. Setoran wajib tunai minimal Rp5.000 (lima ribu rupiah) per bulan.
  5. Balas Jasa Simpanan (BJS) sebesar 7% p.a. dan langsung ditambahbukukan ke dalam buku simpanan yang bersangkutan setiap akhir bulan.
  6. Tidak dikenakan biaya administrasi bulanan.
  7. Saldo maksimal sebesar Rp25.000.000 (dua puluh lima juta rupiah); dan apabila saldonya telah memenuhi nilai maksimal tersebut, BJS Sigap langsung dipindahbukukan ke Simpanan Sikendi atau diambil tunai.
  8. Biaya pembukaan rekening simpanan sebesar Rp5.000 (lima ribu rupiah).
  9. Penarikan Sigap dapat dilakukan pada saat Anggota dan atau keluarga inti mengalami situasi krisis/darurat (sakit, kecelakaan, PHK, bencana, gagal panen, kematian, cacat tetap, korban kejahatan) dengan mengisi Formulir Penarikan Sigap yang diverifikasi oleh Credit Union Cindelaras Tumangkar.
  10. Penarikan yang bukan diperuntukkan untuk tujuan sebagaimana disebutkan di atas dikenakan penalti 10% dari penarikan.
  11. Sigap tidak dapat menjadi jaminan kredit.
  12. Perubahan Balas Jasa Simpanan oleh karena kondisi keuangan nyata Credit Union Cindelaras Tumangkar akan dituangkan dalam SK Pengurus dan diumumkan secara luas kepada seluruh Anggota.
  13. Sigap tidak dilindungi Jalinan BKCU Kalimantan.

Pinjaman

Kredit Kapitalisasi

Kredit Kapitalisasi diberikan kepada Anggota yang tidak memiliki uang tunai, tetapi mempunyai keinginan kuat untuk memiliki Simpanan.

  1. Kredit Kapitalisasi diberikan kepada Anggota yang tidak memiliki uang tunai, tetapi mempunyai keinginan kuat untuk memiliki Simpanan.
  2. Kredit yang dikabulkan tidak dibawa pulang, tetapi disimpan di Siwaris dan/atau Simpanan Pendidikan dan/atau Simpanan Ibadah dan/atau Simpanan Properti.
  3. Besar kredit maksimal Rp25.000.000 (dua puluh lima juta rupiah).
  4. Jasa Pelayanan sebesar 1% dibayar tunai.
  5. Pelunasan kredit maksimal 60 bulan (5 tahun).
  6. Angsuran pokok kredit maksimal sebesar Rp.2.000.000 (dua juta rupiah) per bulan. Jika angsuran sudah mencapai angka maksimal, Anggota tidak diperkenankan menambah simpanan.
  7. Balas Jasa Pinjaman sebesar 1,6% menurun per bulan
  8. Kredit Kapitalisasi dilindungi Jalinan sesuai ketentuan.
Kredit Pendidikan

Diberikan kepada Anggota untuk pembiayaan pendidikan Anggota maupun keluarga, seperti: uang gedung/pangkal, SPP, KKN, Penelitian, Skripsi, Wisuda, dll.

  1. Kredit Pendidikan diberikan kepada Anggota untuk pembiayaan pendidikan Anggota dalam keluarga inti (orang tua, anak), seperti: uang gedung/pangkal, SPP, KKN, Penelitian, Skripsi, Wisuda, dll.
  2. Besar kredit maksimal Rp50.000.000 (lima puluh juta rupiah)
  3. Pelunasan kredit maksimal 48 (empat puluh delapan) bulan.
  4. Saldo Simpanan Pendidikan minimal 10% dari nilai kredit cair.
  5. Balas Jasa Pinjaman sebesar 1,5% menurun per bulan
  6. Jasa Pelayanan sebesar 1%.
  7. Persyaratan pinjaman harus melampirkan bukti dari lembaga pendidikan yang sesuai dengan tujuan pinjaman.
  8. Kredit Pendidikan dilindungi Jalinan sesuai ketentuan.
Kredit Kesehatan

Kredit Kesehatan diberikan kepada Anggota untuk pembiayaan masalah kesehatan bagi Anggota keluarga inti (orang tua kandung, mertua, anak).

  1. Kredit Kesehatan diberikan kepada Anggota untuk pembiayaan masalah kesehatan bagi Anggota keluarga inti (orang tua kandung, mertua, anak), seperti: berobat, biaya rumah sakit, general check-up, membayar asuransi kesehatan, dll.
  2. Besar kredit maksimal Rp 25.000.000 (dua puluh lima juta rupiah)
  3. Pelunasan kredit maksimal 60 bulan (5 tahun).
  4. Balas Jasa Pinjaman sebesar 1,4% menurun per bulan.
  5. Jasa Pelayanan sebesar 1%.
  6. Anggota yang sedang sakit tidak boleh mengajukan pinjaman untuk dirinya sendiri.
  7. Kredit Kesehatan dilindungi Jalinan sesuai ketentuan.
Kredit Kendaraan

Kredit Kendaraan diberikan kepada Anggota untuk pembiayaan kepemilikan kendaraan.

  1. Kredit Kendaraan diberikan kepada Anggota untuk pembiayaan kepemilikan kendaraan.
  2. Besar kredit maksimal Rp150.000.000 (seratus lima puluh juta rupiah).
  3. Pelunasan kredit maksimal 48 bulan (4 tahun).
  4. Balas Jasa Pinjaman sebesar 1,8% menurun per bulan.
  5. Jasa Pelayanan sebesar 1%.
  6. Kredit Kendaraan dilindungi Jalinan sesuai ketentuan.
Kredit Properti

Kredit Properti ditujukan untuk pembelian tanah, rumah, ruko, atau renovasinya.

  1. Kredit Properti ditujukan untuk pembelian tanah, rumah, ruko, atau renovasinya, dengan ketentuan sebagai berikut:
  2. Besar Kredit maksimal Rp400.000.000 (empat ratus juta rupiah).
  3. Saldo Simpanan Properti minimal 5% dari nilai kredit cair.
  4. Jangka waktu pengembalian maksimal 180 bulan (15 tahun).
  5. Balas Jasa Pinjaman sebesar 1,6% menurun.
  6. Jasa Pelayanan sebesar 0,5% dari kredit cair.
  7. Kredit Properti dilindungi Jalinan sesuai ketentuan.
Kredit Perkawinan/Hajatan

Kredit Perkawinan/Hajatan ditujukan untuk melaksanakan hajatan keluarga, seperti: perkawinan, kitanan, syukuran, peringatan kematian, aqiqah.

  1. Kredit Perkawinan/Hajatan ditujukan untuk melaksanakan hajatan keluarga, seperti: perkawinan, kitanan, syukuran, peringatan kematian, aqiqah, dll.
  2. Besar Kredit maksimal Rp20.000.000 (dua puluh juta rupiah).
  3. Jangka waktu pengembalian maksimal 24 bulan (2 tahun).
  4. Balas Jasa Pinjaman sebesar 1,7% menurun.
  5. Jasa Pelayanan sebesar 1% dari kredit cair.
  6. Kredit Perkawinan/Hajatan dilindungi Jalinan sesuai ketentuan.
Kredit Usaha Produktif

Kredit yang ditujukan untuk usaha produktif, seperti: peternakan, pertanian, perdagangan, jasa, dll.

  1. Kredit yang ditujukan untuk usaha produktif, seperti: peternakan, pertanian, perdagangan, jasa, dll.
  2. Besar Kredit maksimal Rp400.000.000 (empat ratus juta rupiah).
  3. Jangka waktu pengembalian maksimal 60 bulan (5 tahun).
  4. Balas Jasa Pinjaman sebesar 1,6% menurun per bulan.
  5. Jasa Pelayanan sebesar 1% dari kredit cair.
  6. Kredit Usaha Produktif dilindungi Jalinan sesuai ketentuan.
Kredit Umum/Serba-Serbi

Kredit Umum/Serba-serbi ditujukan untuk keperluan lain-lain bersifat nonproduktif.

  1. Kredit Umum/Serba-serbi ditujukan untuk keperluan lain-lain bersifat nonproduktif yang sesuai dengan nilai-nilai CU, seperti: talangan ibadah, wisata, sewa rumah, dll.
  2. Besar Kredit maksimal Rp100.000.000 (seratus juta rupiah).
  3. Jangka waktu pengembalian maksimal 60 bulan (5 tahun).
  4. Balas Jasa Pinjaman sebesar 1,7% menurun per bulan.
  5. Jasa Pelayanan sebesar 1% dari kredit cair.
  6. Kredit Umum/Serba-serbi dilindungi Jalinan sesuai ketentuan.
Kredit Jangka Pendek

Kredit Jangka Pendek merupakan kredit dengan jangka waktu pendek.

  1. Kredit Jangka Pendek merupakan kredit dengan jangka waktu pendek.
  2. Plafon maksimal pinjaman adalah sebesar simpanan nonsaham (Siwaris, Pendidikan, Ibadah, Properti).
  3. Jangka waktu pengembalian maksimal 12 bulan.
  4. Balas Jasa Pinjaman sebesar 1.3% menurun
  5. Simpanan nonsaham milik anggota keluarga bisa dijadikan jaminan setelah mendapatkan persetujuan yang bersangkutan.
  6. Jasa Pelayanan sebesar 1% dari kredit cair.
  7. Kredit Mikro dilindungi Jalinan sesuai ketentuan.
Kredit Tanggung Renteng

Kredit produktif tanggung renteng adalah kredit yang diberikan untuk usaha produktif yang dilakukan oleh kelompok.

  1. Kredit produktif tanggung renteng adalah kredit yang diberikan untuk usaha produktif yang dilakukan oleh kelompok.
  2. Jumlah anggota kelompok minimal 5 orang.
  3. Satu kelompok memiliki satu jenis usaha yang sama.
  4. Memiliki struktur organisasi kelompok.
  5. Plafon pinjaman maksimal Rp25.000.000,00 per kelompok.
  6. Balas jasa pinjaman 1,25% menurun dibayar di muka.
  7. Angsuran pokok dilakukan per 4 bulan.
  8. Jangka waktu pinjaman maksimal 24 bulan.
  9. Memiliki Simpanan Sikendi kelompok minimal 10%.
  10. Pengajuan pinjaman dilakukan oleh perorangan dalam satu proposal rencana bisnis atas nama kelompok.
  11. Kredit Produktif Tanggung Renteng dilindungi Jalinan sesuai ketentuan.
Kredit Khusus

Diberikan kepada Anggota yang masih memiliki pinjaman dengan kriteria: Mengangsur pinjaman dengan baik. Angsuran pinjaman pada SPK I (kredit yang belum lunas), telah terbayar minimal 20%. Apabila pinjaman pada SPK I terjadi kelalaian, maka Kredit Khusus otomatis direstrukturisasi. Program Kredit Khusus dituangkan melalui SK Pengurus.

  1. Kredit Khusus diberikan kepada Anggota yang masih memiliki kredit dengan kriteria:
    1. Mengangsur kredit dengan baik.
    2. Angsuran kredit pada Surat Perjanjian Kredit yang masih berjalan telah terbayar minimal 20%.
    3. Apabila terjadi kelalaian angsuran kredit pada Surat Perjanjian Kredit yang masih berjalan, maka Kredit Khusus otomatis direstrukturisasi.
  1. Program Kredit Khusus dituangkan melalui SK Pengurus.
  2. Jangka waktu pengembalian maksimal 3 tahun (36 bulan).
  3. Balas Jasa Pinjaman sebesar 1,25% Menurun per bulan.
  4. Jasa Pelayanan sebesar 1% dari kredit cair.
  5. Kredit Khusus dilindungi Jalinan sesuai ketentuan.

Bantuan dan Perlindungan

TUNAS

Merupakan Santunan Solidaritas yang diberikan kepada Ahli Waris apabila Anggota Meninggal Dunia yang dihitung berdasarkan Simpanan Saham dan Setara Saham almarhum yang diikutsertakan dalam Program Jalinan.

  1. TUNAS merupakan Santunan Solidaritas yang diberikan kepada Ahli Waris apabila Anggota Meninggal Dunia yang dihitung berdasarkan Simpanan Saham dan Setara Saham almarhum yang diikutsertakan dalam Program Jalinan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan BKCU Kalimantan.
  2. TUNAS merupakan wujud solidaritas para Anggota dalam meringankan beban duka cita Ahli Waris Anggota yang Meninggal Dunia.
  3. Simpanan yang mendapat TUNAS adalah Simpanan Saham dan Siwaris yang dimasukkan pada usia 0 s.d. 70 tahun.
  4. Simpanan yang dimasukkan pada usia di atas 70 (tujuh puluh) tahun tidak mendapat TUNAS.
  5. Besarnya TUNAS berkaitan dengan usia saat diterima menjadi Anggota, usia ketika meninggal dunia, dan besarnya Simpanan Saham dan Siwaris:
    1. Anggota usia 0 - 1 tahun, besar TUNAS adalah 100% dari saldo Simpanan Saham dan Siwaris, maksimal Rp5.000.000 (lima juta rupiah).
    2. Anggota usia >1 - 70 (di atas satu sampai dengan tujuh puluh) tahun, besar TUNAS adalah 100% dari saldo Simpanan Saham dan Siwaris, maksimal Rp50.000.000 (lima puluh juta rupiah).
    3. Anggota yang masuk pada usia 60 – 70 (enam puluh sampai tujuh puluh) tahun, besar TUNAS adalah 100% dari saldo Simpanan Saham dan Siwaris, maksimal Rp10.000.000 (sepuluh juta rupiah).
    4. Jika terjadi penarikan simpanan pada usia >70 (di atas tujuh puluh) tahun, klaim yang dibayar sebesar saldo Simpanan Saham dan Siwaris terendah sesuai dengan ketentuan butir a, b, dan c di atas.
LINTANG

Merupakan perlindungan terhadap kredit Anggota yang digunakan untuk melunasi saldo kredit Anggota karena Cacat Total Tetap atau Meninggal.

  1. Merupakan perlindungan terhadap kredit Anggota yang digunakan untuk melunasi saldo kredit Anggota karena Cacat Total Tetap atau Meninggal. Oleh sebab itu LINTANG tidak diserahkan kepada Ahli Waris.
  2. Besarnya saldo kredit yang dapat dilunasi atau mendapat pertanggungan LINTANG sebagai berikut:
    1. Piutang Produktif Anggota Usia Dewasa s.d. 55 (sampai dengan lima puluh lima) tahun pada saat meminjam dengan jangka waktu maksimal 36 (tiga puluh enam) bulan, plafon kredit yang dilindungi maksimal Rp300.000.000 (tiga ratus juta rupiah).
    2. Piutang Anggota Usia Dewasa >55 - 60 (di atas lima puluh lima sampai dengan enam puluh) tahun pada saat meminjam, plafon kredit yang dilindungi maksimal Rp150.000.000 (seratus lima puluh juta rupiah).
    3. Piutang Anggota Usia >60 - 70 (di atas enam puluh sampai dengan tujuh puluh) tahun pada saat meminjam, plafon kredit yang dilindungi maksimal Rp50.000.000
    4. Kredit yang diberikan pada usia 0 - 17 (nol sampai tujuh belas) tahun (kecuali sudah menikah) dan >70 (di atas tujuh puluh) tahun tidak mendapat perlindungan LINTANG.
    5. Selisih saldo kredit di atas plafon maksimal yang ditetapkan, harus dilunasi oleh Ahli Waris pada saat penyerahan Jalinan.
Pengajuan Klaim TUNAS / LINTANG

  1. Bagi Anggota Meninggal Dunia Ahli Waris dapat mengajukan Klaim TUNAS paling lambat 2 (dua) bulan setelah Anggota Meninggal Dunia, dengan menyerahkan persyaratan sebagai berikut:
    1. Surat Keterangan Kematian asli atau fotokopi yang sudah dilegalisasi Pejabat Pemerintah/Rumah Sakit/Puskesmas atau Instansi lain yang terkait.
    2. Surat Keterangan tersebut harus menyebutkan penyebab yang bersangkutan meninggal dunia (sakit stroke, jantung, kecelakaan sepeda motor/mobil, dll).
    3. Buku Anggota, Siwaris, dan Kredit (asli) milik yang yang bersangkutan.
    4. KTP atau Kartu Pengenal lainnya, asli atau fotokopi yang telah dilegalisasi, dan masih berlaku, milik yang bersangkutan.
    5. Fotokopi KTP atau Kartu Pengenal lainnya yang masih berlaku milik Ahli Waris yang sah.
    6. Surat Permohonan & Surat Perjanjian Kredit asli (bagi Anggota yang memiliki kredit).
    7. Surat keterangan pemeriksaan berkas dari Pengawas.
  1. Bagi Anggota yang Cacat Total Tetap Anggota yang Cacat Total Tetap (oleh karena sesuatu hal menyebabkan: buta kedua mata, lumpuh kedua kaki, gila) dapat mengajukan Klaim LINTANG dengan menyerahkan persyaratan sebagai berikut:
    1. KTP atau Kartu Pengenal lainnya asli atau fotokopi yang telah dilegalisasi dan masih berlaku milik yang bersangkutan.
    2. Buku Anggota, Siwaris, dan Kredit (asli) milik yang yang bersangkutan.
    3. Surat Permohonan & Surat Perjanjian Kredit asli (bagi Anggota yang memiliki kredit).
    4. Surat Keterangan dari dokter yang merawatnya.
    5. Surat Keterangan dari Pemerintah Desa apabila tidak dirawat oleh tenaga medis.
    6. Surat Keterangan dari Manajer Credit Union Cindelaras Tumangkar bahwa sudah dilakukan pengecekan lapangan atas Anggota yang Cacat Total Tetap tersebut dan diketahui oleh Pengurus dan Pengawas, dan menyertakan gambar/foto bersama antara Anggota yang bersangkutan dengan petugas yang melakukan pengecekan.
  1. Prosedur Klaim
    1. Permohonan klaim ke Jalinan (dengan mengisi Formulir Permohonan) akan dilakukan oleh Manajemen Credit Union Cindelaras Tumangkar, setelah mendapatkan lampiran sesuai dengan ketentuan-ketentuan klaim di atas dari Ahli Waris (bagi Anggota Meninggal Dunia) dan dari Anggota yang Cacat Total Tetap (Jangka waktu klaim maksimal 90 hari).
    2. Penyerahan TUNAS dan pengembalian Simpanan Saham dan Siwaris kepada Ahli Waris akan dilakukan segera setelah proses klaim disetujui oleh Jalinan / BKCU Kalimantan.
    3. Pembayaran Klaim Jalinan dari BKCU Kalimantan melalui rekening SIKODIT.
    4. Credit Union Cindelaras Tumangkar membuat Berita Acara penyerahan Klaim kepada Ahli Waris dan mengirimnya ke BKCUK bersama LKSB bulan berikutnya.
  1. Klaim TUNAS Ditolak, apabila
    1. Anggota masuk Credit Union Cindelaras Tumangkar dalam kondisi sakit dan meninggal dunia dalam jangka waktu sampai dengan 3 bulan setelah menjadi Anggota.
    2. Simpanan Anggota disetor pada usia di atas 70 tahun.
    3. Simpanan Kapitalisasi yang piutangnya tidak pernah diangsur sejak pencairan.
    4. Simpanan lembaga yang diatasnamakan perorangan.
  1. Klaim LINTANG Ditolak, apabila
    1. Kredit menunggak >5 (lebih dari lima) bulan berturut-turut.
    2. Piutang yang diberikan kepada Anggota Luar Biasa Anak (usia kurang dari 17 tahun dan belum menikah).
    3. Piutang yang diberikan kepada Anggota yang sedang sakit.
    4. Piutang yang tujuannya untuk biaya berobat diri sendiri.
    5. Saldo Piutang Anggota yang berusia >70 (di atas tujuh puluh) tahun.
    6. Piutang Kapitalisasi yang tidak pernah diangsur >1 (lebih dari satu) bulan setelah pencairan.
    7. Piutang lembaga yang diatasnamakan kepada seorang Anggota.
Solduka

Merupakan bentuk solidaritas dan turut berbelasungkawa terhadap Anggota yang meninggal, berupa santunan secara tunai. Membayar Solduka sejak awal berarti bentuk melindungi diri sendiri secara dini.

  1. Semua Anggota Credit Union Cindelaras Tumangkar wajib menjadi peserta Solduka, dengan membayar iuran sebesar Rp20.000 (dua puluh ribu rupiah) per tahun.
  2. Anggota yang sudah berhenti dan/atau sudah diberhentikan tidak berhak mendapat santunan Solduka.
  3. Cara penyetoran iuran sebagai berikut:
    1. Anggota wajib membayar iuran solduka pada bulan pertama setiap tahun buku.
    2. Bagi Anggota baru, penyetoran Iuran Solduka tahun bersangkutan dilakukan pada waktu diterima sebagai Anggota.
    3. Anggota yang belum membayar iuran pada tahun bersangkutan, akan dipotongkan dari Simpanannya.
  1. Peserta Solduka yang meninggal dunia, akan diberikan santunan tunai sebesar Rp2.000.000 (dua juta rupiah) yang diserahkan kepada Ahli Waris. Santunan ini hanya diberikan kepada peserta Solduka yang sudah membayar lunas Iuran Solduka.
  2. Santunan segera diberikan kepada Ahli Waris yang sah saat berita dukacita diketahui oleh Manajemen Credit Union Cindelaras Tumangkar, dengan menunjukkan Surat Kematian.
  3. Jika keikutsertaan Anggota baru belum melebihi 3 (tiga) bulan, maka Solduka diberikan sebesar 25% dari ketentuan butir ke-5 pasal ini.
  4. Dalam keadaan/kejadian luar biasa (bencana alam, wabah), besaran Santunan Solduka ditentukan melalui Kebijakan Pengurus.
SARI (Santunan Rawat Inap)

SARI merupakan produk bantuan yang diberikan kepada anggota CU CINDELARAS TUMANGKAR yang mengalami Rawat Inap (Opname) di Rumah Sakit atau Puskesmas dan telah memenuhi kreteria khusus, sbb:

  1. SARI diberikan kepada Anggota kecuali anggota yang pernah menunggak/kena denda dalam Tahun Buku berjalan.
  2. Rawat inap bukan disebabkan karena melahirkan.
  3. Memiliki Siwaris minimal Rp3.000.000.
  4. Untuk maksimal 7 hari untuk setiap Anggota dalam 1 (satu) tahun buku.
  5. Permohonan bantuan dilakukan paling lambat satu bulan setelah keluar dari opname dengan menunjukkan bukti opname asli atau fotokopian yang telah dilegalisasi dari Rumah Sakit atau Puskesmas terkait.
  6. Besar bantuan didasarkan besar Siwaris sebagai berikut:

    No Besar Siwaris Besar Bantuan per Hari
    1 Rp3.000.000 – Rp5.000.000 Rp25.000
    2 Rp5.000.000 – Rp10.000.000 Rp30.000
    3 Rp10.000.000 – Rp20.000.000 Rp60.000
    4 Rp20.000.000 – Rp30.000.000 Rp100.000
    5 Di atas Rp30.000.000 Rp150.000